Analisis Antibodi Netralisasi terhadap Virus PMK Serotipe O pada Sapi yang Divaksinasi PMK di Kabupaten Gresik

Authors

Keywords:

Foot and Mouth Disease, Netralization Antibody, Virus netralization Test, Structural protein O, Non-structural protein

Abstract

Latar Belakang: Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) merupakan penyakit menular akut dan sangat menular pada hewan berkuku genap/belah yang disebabkan oleh virus dari genus Aphthovirus. Pemerintah Indonesia telah melaksanakan program vaksinasi untuk memerangi kasus PMK dengan menggunakan vaksin impor. Evaluasi hasil vaksinasi penting dilakukan untuk negara yang menerapkan metode pengendalian vaksinasi, namun saat ini belum ada penelitian mengenai efektivitas vaksin yang digunakan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil titer antibodi penetral dan daya protektif terhadap virus PMK pada populasi sapi yang divaksinasi.

Metode: Sampel serum darah diambil dari 100 ekor sapi yang telah divaksinasi PMK, selanjutnya diuji menggunakan uji ELISA pada protein structural O (SP-O) dan protein non struktural (NSP) untuk membedakan antibodi hasil vaksinasi dan infeksi. Pemeriksaan titer antibodi netralisasi menggunakan uji netralisasi virus (VNT).

Hasil: Semua sampel penelitian menunjukkan hasil positif antibodi SP-O dan negatif antibodi NSP, yang berarti semua antibodi berasal dari vaksinasi dan bukan karena infeksi. Hasil uji VNT menunjukkan titer rata-rata titer antibodi penetralisir pada sapi yang telah divaksinasi adalah 1,71, berdasarkan cut off hasil VNT, dengan hasil positif antibodi penetralisir sebanyak 72%. Hasil uji statistik menunjukkan perbedaan umur dan jenis kelamin sapi memengaruhi antibodi penetralisir.

Kesimpulan: Kekebalan kelompok sebesar 72% berhasil diperoleh pada sampel sapi yang telah divaksinasi di Kabupaten Gresik.

Author Biographies

  • Rinasti Rida Pangesti, Balai Besar Veteriner Farma Pusvetma, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Surabaya

    Dokter hewan di Balai Besar Veteriner Farma Pusvetma

  • Suwarno Suwarno, Departemen Mikrobiologi Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga

    Employment: Professor of Virology and Immunology Faculty of Veterinary Medicine, Universitas Airlangga

  • Jola Rahmahani, Departemen Mikrobiologi Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga
    Dr (Virology and Immunology) Education

Published

21-06-2024

Issue

Section

Presentasi Oral