Pemeriksaan Ultrasonografi Perkembangan Folikel dan Kebuntingan pada Kuda di Arthayasa Stables and Country Club

Authors

Keywords:

Arthayasa Stables and Country Club, kebuntingan, kuda, perkembangan folikel, ultrasonografi

Abstract

Latar Belakang: Olahraga berkuda yang sedang berkembang di Indonesia membutuhkan ras kuda tertentu sehingga mendorong pengembangbiakan kuda. Salah satu alat yang digunakan untuk membantu program pengembangbiakan kuda adalah ultrasonografi (USG).

Tujuan: Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendeteksi ovulasi pada fase estrus dan pemeriksaan kebuntingan dengan alat USG.

Metode: Dua ekor kuda warmblood (Farbenstein dan Sabinna) dalam fase estrus di Arthayasa Stables and Country Club diperiksa perkembangan folikel dengan ultrasonografi portable dan probe linear per rectal. Pemeriksaan perkembangan folikel dilakukan hingga folikel mengalami ovulasi. Perkawinan dilakukan setelah pemeriksaan perkembangan folikel dan pemeriksaan kebuntingan dilakukan minimal dua minggu setelah kawin. Probe dimasukkan ke rektal untuk memeriksa organ ovarium (perkembangan folikel) dan uterus (pemeriksaan kebuntingan).

Hasil: Kuda Farbenstein mengalami ovulasi yang terjadi pada folikel dengan ukuran 5,1 cm (pear shaped follicle) dan kuda Sabinna pada ukuran folikel 4,6 cm. Hasil pemeriksaan kebuntingan satu bulan sesudah perkawinan menunjukkan hasil positif pada kuda Farbenstein yang ditunjukkan dengan keberadaan embrio dan hasil negatif pada kuda Sabinna karena tidak terdapat gestational sac.

Simpulan: Pemeriksaan perkembangan folikel dan kebuntingan menghasilkan satu kebuntingan dari dua ekor kuda yang diperiksa di Arthayasa Stables and Country Club.

Author Biographies

  • Dwi Budiono, College of Vocational Study IPB University

    Peneliti telah menerbitkan jurnal dengan judul 
    THE CHARACTERISTICS OF RAT EMBRYONIC FIBROBLASTS (REFS) AND RAT BONE MARROW DERIVED MESENCHYMAL STEM CELLS (RAT-BMMSCS) FROM THE WISTAR RAT: A COMPARATIVE STUDY, Karakterisasi Rat Embryonic Fibroblast (REF) Pasca-Kriopreservasi Lambat pada Tingkat Pasase yang Berbeda, Gambaran parameter fisiologi sebelum dan setelah penanganan pada kuda dengan kasus kolik ringan, Kultur Embryonic Stem Cells (ESC) Primer Mencit Pasca Vitrifikasi Blastosis pada Rat Embryonic Fibroblasts (REF) Feeder Cells, Perkembangan Embrio Partenogenetik Mencit yang Dikultur pada CHIR99021 sebagai Sumber Koloni Primer Parthenogenetic Embryonic Stem Cells (pESC), dan berbagai judul jurnal lainnya 

     

  • Yohannes Koli, Universitas Nusa Cendana

    peniliti pernah menerbitkan jurnal dengan judul PENGARUH METODE APLIKASI VAKSINASI ANTRAKS TERHADAP SUHU TUBUH, FREKUENSI DENYUT JANTUNG DAN RESPIRASI DOMBA LOKAL. 

Published

28-06-2024

Issue

Section

Presentasi Poster