Tingkat Pengetahuan Sikap dan Praktik Petugas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang tentang Bahaya Leptospirosis

Authors

  • Larry Richard Wellem Toha Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan, Universitas Nusa Cendana, Kupang, Indonesia Author https://orcid.org/0009-0007-5262-4316
  • Josua Kefi Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan, Universitas Nusa Cendana, Kupang, Indonesia Author
  • Diana A. Wuri Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan, Universitas Nusa Cendana, Kupang, Indonesia Author
  • Yohanes T. R. M. R. Simarmata Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan, Universitas Nusa Cendana, Kupang, Indonesia Author

Keywords:

petugas kebersihan, pengetahuan, sikap, praktik, bahaya leptospirosis

Abstract

Latar Belakang: Latar Belakang: Leptospirosis adalah penyakit menular akibat bakteri patogen Leptospira sp. Leptospirosis dapat menyebar pada orang-orang dengan pekerjaan-pekerjaan yang memiliki risiko tinggi terjadi kontak antara manusia dengan lingkungan yang terkontaminasi bakteri leptospira.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengkaji tingkat pengetahuan, sikap, dan praktik petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang tentang bahaya leptospirosis.

Metode: Penelitian ini menggunanakan kajian lintas seksional dengan pemilihan secara acak 40 orang responden dari total 319 pekerja di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang. Kuesioner terstruktur digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan, sikap, dan praktik dengan metode wawancara.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan hanya 10% responden yang memiliki pengetahuan baik, 60% responden memiliki pengetahuan cukup, dan sisanya 30% responden memiliki pengetahuan yang buruk. Pengukuran sikap menunjukkan hanya 10% yang memiliki sikap positif, 70% memiliki sikap netral, dan 20% memiliki sikap negatif. Sementara untuk tingkat praktik, hasil penelitian menunjukkan hanya 5% responden yang memiliki praktik baik, 90% memiliki praktik cukup, dan 5% memiliki praktik buruk.

Simpulan: Tingkat pengetahuan, sikap, dan praktik petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang tentang bahaya leptospirosis masih perlu ditingkatkan agar petugas dapat bebas atau terhindar dari bahaya leptospirosis.

Published

10-07-2024

Issue

Section

Presentasi Poster